Posted by: yepyhardi | August 8, 2007

Page Break

Page break dapat ditempatkan di manapun kita suka, gunanya agar posisi setelah page break ditempatkan di halaman baru.


Kita dapat menempatkan page break di manapun, atau ditentukan secara otomatis oleh Microsoft Word. Untuk menempatkan page break secara manual, berikut ini caranya:


Mengatur Opsi Page Break

Saat naskah dokumen tidak mencukupi dalam suatu halaman, secara otomatis MS Word akan menempatkannya di halaman baru. Namun dalam beberapa kasus, pemenggalan halaman ini membuat dokumen terlihat kurang rapi. Misalnya bila satu baris paragraf berada di halaman yang berbeda dengan baris-baris lainnya. Pengaturan pemenggalan halaman ini dapat diakses di kotak dialog Paragraph.


Menjaga Setidaknya Tersisa Dua Baris pada Bagian Atas atau Bawah Halaman

Dengan mengaktifkan pilihan “Widow/Orphan control“, maka saat suatu paragraf terpisah dalam dua halaman, MS Word akan menyisakan setidaknya 2 baris pada bagian atas atau bawah halaman. Pilihan ini sudah aktif secara default.

Menjaga Beberapa Paragraf Tetap Bersama dalam Satu Halaman

Beberapa bagian naskah seperti daftar bernomor (numbered list) atau poin-poin (bulleted list) sebaiknya dijaga agar tetap bersama dalam satu halaman. Agar tidak terpisah-pisah, seleksi paragraf yang dimaksud (kecuali paragraf terakhir), masuk ke kotak dialog Paragraph seperti di atas, aktifkan pilihan Keep with next.

Menjaga Suatu Paragraf Tetap Utuh Tidak Terpenggal Halaman

Pilihan Keep lines together akan menjaga paragraf yang diseleksi tetap bersama dalam satu halaman, saat tidak cukup lagi di bagian akhir halaman, secara otomatis akan dipindahkan ke halaman berikutnya.

Menempatkan Page Break Sebelum Suatu Paragraf

Bila suatu paragraf ingin selalu ditempatkan di halaman baru, maka aktifkan pilihan Page break before. Misalnya judul bab yang posisinya selalu ada di bagian awal halaman.

Mencegah Baris pada Tabel Terpenggal Halaman

Seleksi baris-baris (rows) pada table yang akan dijaga tetap bersama pada suatu halaman. Untuk menjaga seluruh tabel tidak terpisah halamannya, seleksi seluruh tabel. Kecuali untuk tabel yang tingginya melebihi satu halaman tetap akan terpenggal.



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: