Posted by: yepyhardi | August 11, 2007

Auto Correct

Mengetik naskah skripsi memang perlu konsentrasi tinggi agar tidak terjadi kesalahan penulisan, apalagi untuk hal-hal penting yang berhubungan langsung dengan penelitian yang Anda lakukan. Kesalahan pengetikan bukan saja membuat orang lain perlu energi ekstra untuk membacanya, tapi juga membuat Anda kesal karena harus bolak-balik mengkoreksi plus bonus omelan dosen. Untunglah Microsoft sudah mengantisipasi sifat pemakai Word yang nggak mungkin berkonsentrasi penuh selama mengetik sehingga nggak lepas dari kesalahan. Ada beberapa jenis kesalahan pengetikan yang sering terjadi. Coba Anda buka kotak dialog Auto Correct melalui menu Tools√†AutoCorrect Options…

 

Pada tab ini ada beberapa pilihan jenis kesalahan yang ingin Anda koreksi secara otomatis, pilihlah jika Anda ingin mengaktifkannya:

 

Kesalahan penulisan huruf KAPITAL

 


 

Kesalahan Mengeja atau Kesalahan Pengetikan

Ini jenis kesalahan yang paling sering terjadi, apa yang terpikir di otak kita sering tidak singkron dengan gerakan jari jemari. Untunglah MS Word menyediakan fasilitas pintar yang akan mengkoreksi secara otomatis. Namun dengan syarat sudah tertera pada daftar kesalahan, kalau belum ya tinggal ditambahkan saja. Agar fasilitas ini aktif, pilihlah Replace text as you type pada kotakdialog AutoCorrect.

Di bawah pilihan ini ada kotak yang terdiri atas dua kolom, yaitu “Replace:” dan “With:”. Di bawah “Replace:” terdaftar kesalahan-kesalahan penulisan yang sering terjadi, dan akan dikoreksi secara otomatis menjadi kata yang tertera di bawah kolom “With:”. Contohnya kalau Anda mengetikkan “alwasy”, Word akan mengenalinya sebagai kesalahan dan akan diubah menjadi “always”.


 

TRIK KHUSUS:

Kalau Anda tipe orang yang ingin serba praktis, manfaatkan saja fasilitas ini untuk menghemat kerja jemari Anda. Perhatikan tulisan yang Anda buat, pasti ada kata-kata atau istilah yang sering muncul, contohnya “yang”, “adalah”, “seperti”, “sedangkan”, dll. Daripada Anda mengetikkan kata-kata tersebut secara utuh, lebih baik mengetikkan singkatannya saja bukan? Masukkan saja singkatan kata-kata tersebut dalam daftar AutoCorrect, misalnya “yg” untuk “yang”, “adl” untuk “adalah”. Masukkan singkatan kata pada kolom “Replace:” dan kata lengkapnya pada kolom “With:”, lalu klik tombol Add untuk memasukkannya dalam daftar. Klik OK, lalu coba ketikkan “adl”, apa yang terjadi setelah menekan tombol spasi atau enter?

 


 

Fasilitas ini juga bisa dimanfaatkan untuk menyingkat istilah atau kalimat yang cukup panjang.


Responses

  1. Coba ini deh: Untuk bahasa Indonesia EjaKata

  2. Thanks mas iPuL atas masukannya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: